Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

  1. TUJUAN
    Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light
    .
  2. ALAT

    Adobe Illustrator CC
    Maxon Cinema 4D R16Time Lapse Assembler
  3. BAHAN

    hasil praktikum sebelumnya


  4. DASAR TEORI

    - Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path, merupakan teknik dimana yang semula anda hanya dapat melihat melihat hanya dari sisi depan saja, namun pada teknik camera path ini akan membantu anda untuk melihat objek dari segi yang anda inginkan sesuai dengan alur yang telah anda buat.

    - Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light, cara mudah untuk membantu anda apabila objek yang anda hasilkan terlalu gelap dan anda dapat mengubah warna latar belakang sesuai dengan warna pada saat hari dan jam yang anda inginkan.
    - Jelaskan yang dimaksud meterial dan diberi contoh penggunaannya, material dapat digunakan untuk memberikan warna atau tekstur pada objek
  5. TUGAS PRAKTIKUM

    Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:

    - Pergerakan kamera menggunakan teknik kamera path
    - Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
  6. PETUNJUK PRAKTIKUM

    Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

    - Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik
       lagi disebut dengan spline.




    - Menambahkan Lighting menggunakan Physical
      Sky, 
    Menambahkan Lighting menggunakan Area Light,
      dan 
    Menambahkan Material, namun pada contoh ini saya memakai spot light




  7. HASIL PRAKTIKUM
    hasil praktikum terdapat dua hasil yang pertama menggunakan pencahayaan light area, yang kedua memakai light spot.



  8. KESIMPULAN

    Pada praktikum ke dua kali ini, saya mendapatkan kesulitan pada saat mengatur kamera yang belum pas dengan objeknya, namun saya ulangi lagi dan akhirnya saya bisa menyelesaikannya, namun pada praktikum ini saya memakai sua versi pencahayaan pada hasil yang pertama menggunakan light area, sedangkan hasil kedua menggunakan light spot.
  9. REFERENSI

    Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
    http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

brownis tepung ampas tahu

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri - Bendung Gerak Waru Turi