Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional
1. Tujuan
Membuat
animasi sederhana (stick man walk) pertama menggunakan adobe flash professional
2. Alat
- Adobe
Flash Professional CS5.5
- Computer
- Mouse
- Computer
- Mouse
3. Dasar Teori
Ada beberapa
dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan
stickman berjalan, antara lain
- Pose
- Timing
- Inbetween
a. Pose
Berikut
adalah pose-pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan
walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga
pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah
siklus tanpa henti.
Walk Cycle
Poses Collection
Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.
Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.
Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.
Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.
b. Timing
Timing yang
dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang
diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi animasi yang diinginkan,
apakah cepat atau lambat. Yang perlu diingat, untuk memperlambat animasi, tidak
dilakukan dengan cara mengubah setting FPS, akan tetapi dengan cara mengubah
jumlah frame yang dibuat. Dalam animasi baik 2D dan 3D, standar FPS adalah 24.
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan
normal walk: 12 frame (0.5 detik)
cartoon walk: 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut,
pose contact –> frame 1
pose down –> frame 3
pose passing –> frame 5
pose up –> frame 7
pose contact –> frame 9
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan
normal walk: 12 frame (0.5 detik)
cartoon walk: 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut,
pose contact –> frame 1
pose down –> frame 3
pose passing –> frame 5
pose up –> frame 7
pose contact –> frame 9
berikut
adalah susunan keyframe pada timeline timing untuk 4 pose walk cycle
berikut
adalah tampilan onion skin dari 4 pose dasar walk cycle
4 basic walk
cycle in onion skin
c. Inbetween
4 pose hanya
bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu
8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang
biasa disebut dengan inbetween. Proses pembuatan inbetween sangat sederhana.
- Cukup aktifkan onion sehingga
bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame setelahnya. Sebagai
contoh, berikut adalah kondisi frame 2 saat masih baru ditambahkan empty
keyframe dengan mode onion skin aktif.
onion skin
- Tambahkan gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut. Berikut adalah contoh hasil penambahan inbetween untuk keyframe pada frame 2.
hasil proses inbetween
- Ulangi langkah tersebut untuk menambahkan keyframe pada frame 4, 6, dan 8. Sehingga diperoleh keyframe untuk masin-masing frame seperti berikut ini
1 frame 1 keyframe
4. Tugas Praktikum
- Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan ketebalan stroke 8
- Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan
6. Kesimpulan
dalam membuat animasi sangat membutuhkan ketelatenan, kesabaran dan latihan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
7. Referensi
Komentar
Posting Komentar