Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)


  1. Tujuan
    Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.
  2. Alat
    Adobe Illustrator CC Maxon Cinema 4D R16 Time Lapse Assembler
  3. Bahan Logo PENS.
    Silahkan download dari pedoman identitas PENS
  4. Dasar Teori
    Animasi Merupakan suatu rangkaian gambar diam secara inbetthwin dengan jumlah banyakm bila kia proyeksikan akan terlihat seolah-olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat di film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar jadi animasi dapat disimpulkan menghidupkan benda diam di proyeksikan menjadi bergerak. 3 penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunkan untuk melakukan ilustrasi di komputerm membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbenttuk suatu bentuk gerakan tertentu. Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D, perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dapat dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. perbedaan antara animasi 2D dan 3D

    Animasi 2D Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang artinta gambar yang lucu. Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon, dan lain sebagainya.

    Animasi 3D Animasi 3d adalah pengembang dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
    Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI (Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan lain sebagainya.
    Berbicara tracing, bukan pada tempatnya bila kita membahas tracing dalam konotasi sempit sebagai plagiat atau menjiplak mentah-mentah.Tak patut juga kita membahas apakah tracing termasuk dalam seni murni atau seni terpakai.
    Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.
    Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D, Flash merupakan software yang berbasis 2D dan hanya menggunkan 2 titik koordinat yaitu X dan Y. Sedangkan Cinema 4D berbasis 3D dan menggunkan 3 titik koordinat yaitu X, Y, dan Z. Selain itu Cinema 4D lebih berat saat dijalankan dibandingkan dengan Flash. 
  5. Tugas Praktikum
    Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
  6. Petunjuk Praktikum
    Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

    Tracing Logo menggunakan illustrator


    Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator


    Membuat animasi 360 derajat


    Merender animasi ke dalam file movie (mp4)


     
  7. Hasil Praktikum Tampilkan screen record dari praktikum ini

    Hasil Tracing Logo PENS

    Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator



    Membuat animasi 360 derajat


    Merender animasi ke dalam file movie (mp4)



    Logo PENS hasil time lapse

  8. Kesimpulan Tuliskan hal-hal yang diperoleh dari praktikum ini
    Animasi adalah menghidupkan benda diam di proyeksikan menjadi bergerak. Animasi 2D merupakan animasi yang menggunkan 2 titik koordinat, Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun dan animasi 3D menggunkana 3 titik koordinat pengembang dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Dalam membuat animasi langkah awal yaitu dengan tracing, tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing adalah jawaban untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu. Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D, Flash merupakan software yang berbasis 2D dan hanya menggunkan 2 titik koordinat yaitu X dan Y. Sedangkan Cinema 4D berbasis 3D dan menggunkan 3 titik koordinat yaitu X, Y, dan Z. Selain itu Cinema 4D lebih berat saat dijalankan dibandingkan dengan Flash. 
  9. Referensi
    The Bezier Game: A game to help you master Pen Tool
    https://tedipermanasite.wordpress.com/2013/05/13/perbedaan-antara-2d-dan-3d/
    https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

brownis tepung ampas tahu

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri - Bendung Gerak Waru Turi