Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE
- Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE. - Alat
Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015 - Bahan
hasil praktikum sebelumnya - Dasar Teori
Camera Depth adalah mengatur fokus camera pada objek tertentu
Multi Pass Rendering adalah merender dari satu objek yang terdiri dari beberapa elemen dan memisah misahkan hasil render dari setiap elemen tersebut
DOF adalah untuk mengatur rentang jarak ketajam area fokus dari suatu objek tertentu
Compositing adalah ombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untukmenciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dariadegan yang sama. - Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
- Import masing-masing image sequences ke AE.
- Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur - Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Setting Camera DOF di C4D
- Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
- Import masing-masing image sequences ke AE
- Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur - Kesimpulan
Pada praktikum kali ini saya mendapatkan kesulitan pada saat memasuki AE, karena saya baru pertama menggunakan AE dan tampilannya panel-panelnya yang sangat banyak, mungkin itu merupakan salah satu faktor membuat saya kebingungan, dan kesulitan lainnya pada memberikan efek DOF pada AE itu juga membuat saya bingung namun saya terus mencobanya dan memperhatikan langkah-langkahnya dan menghasilkan hasil seperti video diatas. - Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
Komentar
Posting Komentar