Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion


  1. Tujuan
    Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.
  2.  Alat

    Cinema 4D R16
  3. Bahan

    Tanpa bahan
  4. Dasar Teori
    Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan!

    Bump map pada material setting adalah teknik di komputer grafis untuk mensimulasikan benjolan dan kerutan pada permukaan suatu benda. Hal ini dicapai dengan perturbing permukaan normal objek dan menggunakan normal terganggu selama perhitungan pencahayaan. Hasilnya adalah sebuah permukaan yang bergelombang daripada permukaan halus meskipun permukaan objek yang mendasari tidak benar-benar berubah. Pemetaan Bump diperkenalkan oleh James Blinn pada tahun 1978. Pemetaan yang normal adalah variasi yang paling umum dari benjolan pemetaan yang digunakan.Fungsi channel color adalah untuk membuat objek memiliki warna atau berwarna
    Fungsi channel reflectance adalah untuk membuat objek permukaan lantai/tanah, bisa juga untuk efek shading, intinya untuk mereproduksi gambar yang saling bersintesis (sekumpulan gambar).
    Fungsi channel luminance adalah untuk memberikan efek pada objek agar objek terkesan banyak karena pengaruh mata dalam menangkap sebuah informasi yang artinya adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. Semakin besar luminans dari sebuah objek, rincian objek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah. Diameter bola mata akan mengecil sehingga akan meningkatkan kedalaman fokusnya. 
    Fungsi textures circles adalah untuk membuat ekstur yang berbentuk lingkaran namun dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan kita
  5. Tugas Praktikum

    Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
  6. Petunjuk Praktikum

    Membuat material mirip lampu stadion


  7. Hasil Praktikum

    sertakan video hasil praktikum pada bagian ini





  8. Kesimpulan

    Pada praktikum kali ini saya tidak menemui kesulitan, tetapi saat material selesai dibuat dan di terapkan pada objek, teksturnya tidak sama dengan contoh dan terkesan kecil namun apabila saya besarkan tekstur yang dihasilkan akan berbeda
  9. Referensi
    Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper

Komentar

Postingan populer dari blog ini

brownis tepung ampas tahu

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri - Bendung Gerak Waru Turi