Prak 07 – Membuat Aset Utama

  1. Tujuan
    Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

  2. Alat
    Adobe Illustrator CC
    Cinema 4D R16

  3. Bahan
    tanpa bahan

  4. Dasar Teori
    Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan

    NURBS modeling adalah model yang akan memberikan efek pada suatu objek sesuai dengan bentuk objeknya. Misal terdapat gambar huruf "S" lalu anda memasukkan effect rectangle dan nurbs, maka secara otomatis rectangle tersebut akan membentuk sesuai dengan objek lekukannya dan memberikan efek ruang seperti 3D.
    Cara kerja Sweep di Cinema 4D adalah perintah yang digunakan untuk membuat objek 3D dengan konsep kerja menarik atau menyeret objek 2D mengikuti sebuah jalur baik garis maupun lengkungan sehingga membentuk sebuah objek yang solid.
    Bump map pada material setting adalah These are textures that store an intensity, the relative height of pixels from the viewpoint of the camera. The pixels seem to be moved by the required distance in the direction of the face normals. (The "bump" consists only of a displacement, which takes place along the existing, and unchanged, normal-vector of the face.) You may either use greyscale pictures or the intensity values of a RGB-Texture (including images).

  5. Tugas Praktikum
    Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

  6. Petunjuk Praktikum
    Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS



    Membuat material yang bersifat Glossy



  7. Hasil Praktikum
    sertakan video hasil praktikum pada bagian ini

    Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS



    Membuat material yang bersifat Glossy




  8. Kesimpulan
    Pada praktikum kali ini memberikan efek 3D untuk tulisan dan efek kinclong, kesulitan yang saya temui adalah ketidak jelasan efek yang ditimbulkan dari sweep, dan solusinya yaitu sebelum anda memulai praktikum, saat tulisan baru diimpor ke cinema 4D pastikan untuk memperbesar ukuran tulisannya gar saat penambahan sweep anda memiliki ruang yang banyak untuk mengatur sweep tersebut.

  9. Referensi
    Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper 
    Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material

Komentar

Postingan populer dari blog ini

brownis tepung ampas tahu

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri - Bendung Gerak Waru Turi