Prak 07 – Membuat Aset Utama
- Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule. - Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16 - Bahan
tanpa bahan - Dasar Teori
Gunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
NURBS modeling adalah model yang akan memberikan efek pada suatu objek sesuai dengan bentuk objeknya. Misal terdapat gambar huruf "S" lalu anda memasukkan effect rectangle dan nurbs, maka secara otomatis rectangle tersebut akan membentuk sesuai dengan objek lekukannya dan memberikan efek ruang seperti 3D.
Cara kerja Sweep di Cinema 4D adalah perintah yang digunakan untuk membuat objek 3D dengan konsep kerja menarik atau menyeret objek 2D mengikuti sebuah jalur baik garis maupun lengkungan sehingga membentuk sebuah objek yang solid.
Bump map pada material setting adalah These are textures that store an intensity, the relative height of pixels from the viewpoint of the camera. The pixels seem to be moved by the required distance in the direction of the face normals. (The "bump" consists only of a displacement, which takes place along the existing, and unchanged, normal-vector of the face.) You may either use greyscale pictures or the intensity values of a RGB-Texture (including images). - Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan - Petunjuk Praktikum
Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
Membuat material yang bersifat Glossy - Hasil Praktikum
sertakan video hasil praktikum pada bagian ini
Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
Membuat material yang bersifat Glossy
- Kesimpulan
Pada praktikum kali ini memberikan efek 3D untuk tulisan dan efek kinclong, kesulitan yang saya temui adalah ketidak jelasan efek yang ditimbulkan dari sweep, dan solusinya yaitu sebelum anda memulai praktikum, saat tulisan baru diimpor ke cinema 4D pastikan untuk memperbesar ukuran tulisannya gar saat penambahan sweep anda memiliki ruang yang banyak untuk mengatur sweep tersebut. - Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
Cinema 4D | How to Make a Glossy/Glassy Material
Komentar
Posting Komentar