Prak 15 – Animasi menggunakan Programming
1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.
2. Alat
Adobe Flash Professional CS3+
(diuji di Flash CC)
(diuji di Flash CC)
3. Bahan
Flint Particle Engine
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”
4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.
5. Tugas Praktikum
1. Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
2. Ubah posisi dari animasi tersebut
3. Ubah warna dari animasi tersebut
4. Ubah radius dari animasi tersebut
5. Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
6. Petunjuk Praktikum
1. Buat project ActionScript
2. Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
3. Salin kode berikut pada “actions” window
- Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
- Buka “ActionScript Setting”
- Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”
- Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc”
- Pastikan file swc tersebut muncul pada daftar
- Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)
7. Hasil Praktikum
Hasil Awal
- skrip
Pindah Posisi Setiap Muncul
- skrip
Ganti Warna
- skrip
Pindah Posisi
- skrip
Perubahan Radius
- skrip
8. Kesimpulan
dalam dunia art tidak melulu hanya animasi, desain, fotografi, draw, dan lain-lain melainkan pemrogramanpun sekarang sudah menjadi sebagian dari dunia art, praktikum kali ini adalah salah satu contoh pengaplikasian pemrograman dalam animasi.
9. Referensi
http://www.mohhasbias.com/
Komentar
Posting Komentar